SEO Friendly?
Istilah apalagi tuh? Itulah pertanyaan yang muncul ketika orang pertama
kali mendengarnya. Sama seperti ketika orang pertama mendengar social network (jejaring sosial) atau mungkin chat / chatting. Untuk kita yang sering bergumul dengan dunia internet, istilah SEO Friendly bukanlah hal baru.
SEO merupakan singkatan bahasa inggris, yaitu Search Engine Optimization. Atau jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, artinya kurang lebih adalah “Optimalisasi Mesin Pencari“. Nah, sekarang apa itu “Mesin Pencari“? Apa yang dioptimalkan? dan “Friendly” disini maksudnya apa & apa hubungannya dengan Mesin Pencari?
Ok, untuk menjawab pertanyaan semua itu, teruskan membaca
Ok, untuk menjawab pertanyaan semua itu, teruskan membaca
Search Engine / Mesin Pencari
Search Engine / Mesin Pencari
adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang
menemukan informasi tertentu. Dalam konteks Internet, informasi yang
dicari dapat berupa suatu halaman website, file, informasi tentang
seseorang, produk, layanan, dan sebagainya (informasi apapun itu, dan
semakin terus berkembang konteksnya sesuai dengan perkembangan teknologi
informasi).
Mesin pencari mengumpulkan data / informasi di Internet secara otomatis, kemudian mengindeksnya (mengurutkan, mengelompokkan, dsb) kedalam suatu database dengan kriteria dan algoritma
(“cara berpikir”) mesin pencari tersebut diciptakan. Sehingga ketika
seseorang mencari informasi tertentu maka mesin pencari akan menampilkan
hasil dengan cepat, tepat dan akurat sesuai dengan kriteria pencarian
yang diinput oleh pengguna.
Mesin pencari
juga memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi dengan kriteria
spesifik hanya dengan cukup memasukkan kata atau frase tertentu dan
kemudian mesin pencari akan memproses pencarian kedalam indeks
databasenya dan menghasilkan daftar hasil pencarian yang diurutkan
sesuai dengan relevansinya. Sebagaimana yang telah saya jelaskan di
atas, bahwa pengindeksan (proses mengurutkan, mengelompokkan, dsb) tentu saja sesuai dengan algoritma / “cara berpikir” dari mesin pencari itu sendiri dibangun. Mesin pencari melakukan pengindeksan secara berkala, terus-menerus & mengupdatenya
secara otomatis kedalam database mereka sesuai dengan perkembangan
informasi di Internet. Itu sebabnya, hingga kini dan kedepan, mesin
pencari akan selalu menghasilkan hasil pencarian yang relevansinya
selalu up to date (terkini).
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta internasional yang memiliki & menggunakan algoritma
dan database tertutup. Artinya, pengguna dapat mencari suatu informasi
tertentu, namun tidak perlu mengetahui isi / bagaimana databasenya
dibuat serta tidak perlu mengetahui bagaimana algoritma / “cara berpikir” mesin pencari tersebut mengelompokkan, mengurutkan hasil informasinya, dsb.
Beberapa perusahaan yang menjalankan mesin pencari dan paling populer saat ini adalah Google, Microsoft dengan Bing nya (dahulu MSN Search), dan Yahoo!.
Beberapa perusahaan yang menjalankan mesin pencari dan paling populer saat ini adalah Google, Microsoft dengan Bing nya (dahulu MSN Search), dan Yahoo!.


